counters

Selasa, 30 Juli 2013

Elemen Kayu [Mokuton]

Elemen Kayu

*Nama

- Kanji: 木遁
- Romaji: Mokuton
- Arti: Elemen Kayu

*Debut

- Manga: Chapter # 120
- Anime: Naruto Episode # 71
- Muncul dalam Anime, Game, Manga, dan Movie

*Data

- Klan: Klan Senju
- Pengguna yg Diketahui:
¤ Hashirama Senju
¤ Danzo Shimura
¤ Madara Uchiha
¤ Yamato
¤ Zetsu

*Jutsu

- Hokage-Shiki Jijun Jutsu — Kakuan Nitten Suishu (Teknik Enam Puluh Tahun Hokage - Teknik Pengendali Chakra Bijuu)
- Tajū Mokuton Bunshin no Jutsu (Teknik Ribuan Bunshin Elemen Kayu) (Manga saja)
- Mokuton Bunshin no Jutsu (Kayu Clone Teknik)
- Mokuton Hijutsu: Jukai Kōtan (Teknik Rahasia Elemen Kayu: Kelahiran Dunia Pohon)
- Mokuton: Kajukai Kōrin (Elemen Kayu: Kelahiran Pohon berbunga)
- Mokuton: Shichūka no Jutsu (Elemen Kayu: Teknik Rumah Empat Pilar)
- Mokuton: Shichūrō no Jutsu (Elemen Kayu: Teknik Penjara Empat Pilar)
- Mokuton: Daijurin no Jutsu (Elemen Kayu: Teknik Hutan Raksasa)
- Mokuton: Jukai Kōtan (Elemen Kayu: Kelahiran Pohon Laut)
- Mokuton: Renchūka no Jutsu (Elemen Kayu: Teknik Rumah Banyak Pilar)
- Mokuton: Mokusatsu Shibari no Jutsu (Elemen Kayu: Teknik Kayu Pengikat)
- Mokuton: Stocks
- Mokuton: Henge (Elemen Kayu: Transformasi) (Anime only)
- Mokuton: Jubaku Eisō (Elemen Kayu: Pohon Pengurung) (Anime only)
- Mokuton: Mokujōheki (Elemen Kayu: Dinding Kayu Pengunci)
- Mokuton: Wood Spikes Ring
- Mokuton: Jukai Heki (Elemen Kayu: Tembok Kayu) (Anime only)

Elemen Kayu (木遁 , Mokuton) adalah sebuah kekkei genkai yang menggabungkan chakra tanah dan air untuk menciptakan kayu atau pohon yg lengkap. Kemampuan ini juga dapat digunakan untuk membuat aspek lain dari pohon, seperti biji atau bunga. Teknik elemen Kayu dapat diproduksi di mana saja, termasuk tubuh pengguna, seperti chakra pengguna secara harfiah diubah menjadi sumber kehidupan. Teknik elemen kayu (木遁の術, Mokuton no Jutsu) umumnya menggunakan segel tangan Ular.

[Tinjauan]

Hashirama Senju adalah pemilik asli kemampuan ini, dibuktikan oleh fakta bahwa tidak ada anggota lain dari klan senju yang diketahui memiliki kemampuan ini. Kemampuannya untuk menggunakan teknik ini adalah salah satu alasan mengapa dia diberi gelar Hokage Pertama, dan dengan Mokuton Hijutsu: Jukai Kutan ia mampu menumbuhkan pohon-pohon yang berfungsi sebagai dasar dari Konohagakure. Teknik ini memungkinkan dia untuk benar-benar mengubah bentuk medan perang untuk menguntungkan dia sendiri.

Orochimaru, dalam usahanya untuk menggunakan kemampuan Hokage Pertama, ia menyuntikan DNA hashirama senju ke dalam enam puluh subjek tes, dan dari enam puluh bayi itu hanya Yamato berhasil selamat. Karena DNA-nya telah diganti, Yamato mendapatkan kemampuan untuk menggunakan Elemen Kayu. Orochimaru juga melakukan hal yang sama pada Danzo Shimura dengan menanamkan sel hashirama di tangan kanannya. Walaupun Danzo mampu menggunakan kekuatan ini, versi milik Danzo jauh lebih kasar dan sangat menguras chakra, menyebabkan Danzo untuk menghindari menggunakannya sebisa mungkin. Zetsu putih juga dibuat dari sel hokage pertama dan karena itulah, ia juga bisa menggunakan elemen ini, meskipun dalam skala yang lebih lemah. Sebagaimana dinyatakan oleh Tobi, kekuatan hokage Pertama tidak begitu mudah untuk dikontrol. Ini dapat dilihat ketika Danzo berada di ambang kematian, kekuatan kehidupan yang luar biasa dari Senju mencoba untuk "menelannya" dan seluruh sisi kanannya mulai berubah menjadi pohon. Ketiga orang yg mampu menggunakan ini memiliki kemampuan jauh lebih lemah dari milik hashirama.

Setelah pertarungan Madara Uchiha melawan Hashirama Senju di Lembah Akhir, ia menambahkan sebagian DNA hashirama dalam tubuhnya dan menjadi dapat menggunakan Elemen Kayu, yang pertama kali ia tunjukan melalui demonstrasi tentang penggunaan Mokuton Hijutsu: Jukai Kutan.

Sebuah teknik pengendali Bijuu yang berasal dari elemen kayu juga dibuat oleh hokage keenam bernama Hokage-Shiki Jijun Jutsu — Kakuan Nitten Suishu. Teknik ini akan menciptakan segel bertuliskan "duduk" (座) di tangan kanan pengguna yang dapat menekan pengaruh Bijuu pada jinchuriki-nya. Hal ini dilakukan dengan menciptakan naga kayu dari tanah yang menempel pada jinchuriki itu dan memaksa chakra Bijuu-nya menurun. Kalung Hashirama dapat membantu dalam pelaksanaan teknik ini, tetapi tujuan pastinya tidak jelas. Setelah Naruto menghancurkan kalung ini, Yamato menyatakan bahwa ia tidak bisa lagi menekan pengaruh kyuubi pada dirinya. Namun demikian, Saat pelatihan Naruto untuk mengontrol kyuubi di air terjun Kebenaran. Ketika naruto berubah, Yamato menyatakan dia akan mencoba untuk menekan chakra kyuubi. Apakah ini akan berhasil untuk menekan masih belum diketahui.

[Trivia]

- Elemen Kayu sama dengan seni kehidupan ninja nyata "Mokuton-no-jutsu". Salah satu contoh kehidupan nyata Mokuton-no-jutsu adalah Tanuki-gakure: yaitu praktek memanjat pohon dan menyamarkan dalam dedaunan.
- Dalam anime, Jamur Moulding dapat menguras chakra dari pengguna Elemen Kayu.
- Madara Uchiha dan Danzo Shimura memiliki replika wajah Hashirama di tubuh mereka setelah menanamkan sel hashirama ke tubuh mereka.

[Referensi]

- Naruto chapter 575, halaman 4-5
- Naruto chapter 291, halaman 15-16
- Naruto chapter 478, halaman 10
- Naruto chapter 545, halaman 3
- Naruto chapter 480, halaman 10
- Naruto chapter 297, halaman 9
- Naruto chapter 545, halaman 2-4
- Naruto chapter 561, halaman 11-12
- Naruto chapter 455, halaman 12
- Naruto chapter 497, halaman 14
- Naruto: Shippuden Episode 229

0 komentar:

Posting Komentar

Uchiha Clans © 2013 | Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang. Diberdayakan oleh Blogger.